Rencana Kenaikan Gaji Aparatur Negara

Pemerintah berencana menaikan gaji ASN, TNI, Polri dan Pensiunan yang rencanya akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus 2023 dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia yang lebih unggul, berkompeten dan berdaya saing yang selaras dengan usaha Pemerintah untuk menciptakan World Class Government.

Namun, hal tersebut menimbulkan polemik dikalangan masyarakat, sebab kenaikan gaji aparatur negara oleh Pemerintah dianggap bermuatan politis dibanding urgensi sebab kenaikan gaji ASN bertepatan dengan Pemilu 2024. Selain itu, kenaikan gaji aparatur negara bertentangan dengan semangat efisiensi birokrasi dan berpotensi menimbulkan defisit anggaran yang berimbas pada penurunan daya saing ekonomi.

Isu kenaikan gaji ASN berpotensi menimbulkan hate speech terhadap ASN yang dilakukan oleh masyarakat, sebab masyarakat lebih menyukai jika Pemerintah melakukan peningkatan terhadap Upah Minimum Provinsi (UMP) sehingga agar meminimalisir resistensi terhadap rencana kebijakan tersebut, Pemerintah perlu melakukan sosialisasi dampak positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *