Respon Pemerintah Bali Problematika Wisatawan Mancanegara Di Kawasan Wisata Wilayah Bali

Permasalahan krusial yang saat ini terjadi mengenai dugaan penyalahgunaan izin tinggal di Indonesia dan masalah transportasi sewaan sebagai akomodasi para wisatawan mancanegara tersebut. Pada ranah penyalahgunaan izin kedatangan di Bali, wisatawan mancanegara dapat dikhawatirkan mempengaruhi sektor perekonomian masyarakat lokal dengan notaben sebagai pekerjaan utama masyarakat Bali. Pemerintah dalam hal ini seyogyanya dapat melakukan analisis dari berbagai sudut pandang agar dapat diketahui faktor yang melatarbelakangi kejadian tersebut di lapangan.

Berkaitan dengan respon pemerintah Provinsi Bali terkait banyaknya problematika mengenai pelanggaran penggunaan motor secara pribadi oleh wisatawan mancanegara juga wacana pencabutan pemberian visa on arrival bagi WN Rusia dan Ukraina yang menimbulkan polemik pro kontra atas pengambilan regulasi tsb dapat dengan segera dilakukan koordinasi dan pematangan konsep terkait implementasi regulasi tsb. Hal ini sangat krusial mengingat Bali merupakan salah satu ikon wisata Indonesia yang menjadi primadona mayoritas wisatawan mancanegara sehingga roda perekonomian Bali dipengaruhi oleh perkembangan pariwisata di Bali. Berbagai saran dan masukan yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Bali seyogyanya dapat dilakukan tindak lanjut untuk melakukan kajian secara mendalam terkait dampak dan resiko terhadap regulasi tersebut.

Problematika yang terjadi di bidang pariwisata, salah satunya juga disebabkan karena kualitas dan kemampuan SDM lokal Bali baik di bidang skill dan kemampuan serta wawasan kepariwisataan. Pada praktinya sumber daya manusia pariwisata Bali khususnya orang-orang Bali belum memiliki kualifikasi sesuai dengan permintaan wisatawan sehingga menjadai celah para wisatawan mancanegara mengambil kesempatan tersebut. Untuk memberikan jaminan pelayanan yang memuasakan kepada wisatawan diperlukan penyediaan sumber daya manusia (human resource) yang berkompetensi, berkualitas, professional, dan berstandar internasional. SDM pariwisata lokal yang bergerak di bidang pariwisata, kemampuan dan wawasannya perlu ditingkatkan dan perlu dibenahi agar SDM pariwisata Lokal Bali bisa bersaing dengan SDM Luar terutama di dalam era perdagangan bebas Mayarakat Ekonomi Asean (MEA).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *